Capaian Pembelajaran dan Kompetensi

Sikap dan Tata Nilai (S)
  1. Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, beretika, berintegritas dan memiliki kepribadian baik.
  2. Berperan aktif sebagai warga negara yang bertanggung jawab, berjiwa nasionalis dan Pancasilais, menjunjung penegakan hukum, dan mampu berinteraksi dalam hubungan global.
  3. Memiliki kepekaan sosial dan lingkungan, serta lebih mengutamakan kepentingan umum di atas kepentingan pribadi atau kelompok.
  4. Mampu bekerja sama dalam keberagaman suku, agama, ras, budaya, dan perbedaan pandangan.
  5. Memiliki tanggung jawab untuk penyelesaian penugasan yang diberikan.
  6. Menginternalisasi jiwa kemandirian dan kewirausahaan.
  7. Menginternalisasi jiwa pembelajaran sepanjang hayat dengan menerapkan nilai, norma, dan etika akademik.
Keterampilan Umum (KU)
  1. Mampu berpikir logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam mengimplementasikan, mengkaji dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi secara humanis
  2. Mampu bekerja secara mandiri, bermutu, dan terukur.
  3. Mampu melakukan kajian ilmiah dan implikasinya, serta mendiseminasikannya secara lisan dan tulisan.
  4. Mampu mengambil keputusan secara cepat dan tepat untuk memecahkan masalah berdasarkan informasi dan data yang tersedia
  5. Mampu menjalin dan memelihara jaringan kerja sama.
  6. Mampu mensupervisi dan mengevaluasi pelaksanaan pekerjaan anggota tim yang berada di bawah tanggungjawabnya. 
  7. Mampu mengolah, mengevaluasi, menginterpretasi data dan informasi melalui penerapan teknologi informasi dan komunikasi.
  8. Mampu mengelola dokumen dan mencegah plagiasi.
  9. Mampu mengkaitkan dan memanfaatkan bidang keilmuan lain dengan bidang ilmu yang dipelajari.
Penguasaan Pengetahuan (PP)
  1. Menguasai konsep-konsep teoritis dan prinsip-prinsip pokok fisika klasik dan modern.
  2. Menguasai metode, prinsip, dan aplikasi matematik, komputasi dan instrumentasi dalam fisika.
  3. Menguasai pengetahuan tentang teknologi yang berdasarkan ilmu fisika dan penerapannya.
Ketrampilan Khusus (KK)
  1. Mampu merumuskan gejala dan masalah fisis melalui analisis berdasarkan hasil observasi dan atau eksperimen.
  2. Mampu menerapkan model matematis atau model fisis yang sesuai dengan hipotesis atau prakiraan dampak dari fenomena yang menjadi subyek pembahasan. 
  3. Mampu menganalisis berbagai solusi alternatif yang ada terhadap permasalahan fisis dan menyimpulkannya untuk pengambilan keputusan yang tepat.
  4. Mampu memprediksi potensi penerapan perilaku fenomena fisis dalam teknologi.
  5. Mampu mendiseminasikan hasil kajian masalah dan perilaku fisis dari gejala sederhana dalam bentuk laporan atau kertas kerja sesuai kaidah ilmiah baku