Capaian Pembelajaran dan Kompetensi
Sikap dan Tata Nilai (S)
- Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, beretika, berintegritas dan memiliki kepribadian baik.
- Berperan aktif sebagai warga negara yang bertanggung jawab, berjiwa nasionalis dan Pancasilais, menjunjung penegakan hukum, dan mampu berinteraksi dalam hubungan global.
- Memiliki kepekaan sosial dan lingkungan, serta lebih mengutamakan kepentingan umum di atas kepentingan pribadi atau kelompok.
- Mampu bekerja sama dalam keberagaman suku, agama, ras, budaya, dan perbedaan pandangan.
- Memiliki tanggung jawab untuk penyelesaian penugasan yang diberikan.
- Menginternalisasi jiwa kemandirian dan kewirausahaan.
- Menginternalisasi jiwa pembelajaran sepanjang hayat dengan menerapkan nilai, norma, dan etika akademik.
Keterampilan Umum (KU)
- Mampu berpikir logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam mengimplementasikan, mengkaji dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi secara humanis
- Mampu bekerja secara mandiri, bermutu, dan terukur.
- Mampu melakukan kajian ilmiah dan implikasinya, serta mendiseminasikannya secara lisan dan tulisan.
- Mampu mengambil keputusan secara cepat dan tepat untuk memecahkan masalah berdasarkan informasi dan data yang tersedia
- Mampu menjalin dan memelihara jaringan kerja sama.
- Mampu mensupervisi dan mengevaluasi pelaksanaan pekerjaan anggota tim yang berada di bawah tanggungjawabnya.
- Mampu mengolah, mengevaluasi, menginterpretasi data dan informasi melalui penerapan teknologi informasi dan komunikasi.
- Mampu mengelola dokumen dan mencegah plagiasi.
- Mampu mengkaitkan dan memanfaatkan bidang keilmuan lain dengan bidang ilmu yang dipelajari.
Penguasaan Pengetahuan (PP)
- Menguasai konsep-konsep teoritis dan prinsip-prinsip pokok fisika klasik dan modern.
- Menguasai metode, prinsip, dan aplikasi matematik, komputasi dan instrumentasi dalam fisika.
- Menguasai pengetahuan tentang teknologi yang berdasarkan ilmu fisika dan penerapannya.
Ketrampilan Khusus (KK)
- Mampu merumuskan gejala dan masalah fisis melalui analisis berdasarkan hasil observasi dan atau eksperimen.
- Mampu menerapkan model matematis atau model fisis yang sesuai dengan hipotesis atau prakiraan dampak dari fenomena yang menjadi subyek pembahasan.
- Mampu menganalisis berbagai solusi alternatif yang ada terhadap permasalahan fisis dan menyimpulkannya untuk pengambilan keputusan yang tepat.
- Mampu memprediksi potensi penerapan perilaku fenomena fisis dalam teknologi.
- Mampu mendiseminasikan hasil kajian masalah dan perilaku fisis dari gejala sederhana dalam bentuk laporan atau kertas kerja sesuai kaidah ilmiah baku